19 Apr 2010

Racikan Mesin Chopper "memakan" Mobil Sport Mewah


NEW YORK (SuaraMedia News) - Bila mendengar kata Ferrari, tentu yang terbersit dalam pikiran kita adalah sebuah jet darat yang kondang di arena Formula Satu (F1). Namun Ferrari ini merupakan sebuah motor.

Ya, sepeda motor jenis chopper ini merupakan hasil racikan Exotic Custom Choppers inc. di Amerika Serikat (AS).

Seluruh body, kaki-kaki hingga sasis seluruhnya dilebur atribut berlambang kuda jingkrak tersebut. Namun untuk urusan mesin, chopper ini sama sekali tidak menggunakan bagian-bagian mesin dari Ferrari.

Para teknisi malah merasa dapur pacu 4 silinder milik Yamaha R1 yang cocok untuk motor ini. Daya sebesar 170 hp yang berhasil diciptakan pun dirasa cukup mumpuni untuk menggerakkan motor tersebut.

Agar si chopper tetap menapak di aspal layaknya jet darat Ferrari, ban berukuran jumbo harus digunakan. Untuk bagian depan, digunakan ukuran 18 inci, sedangkan belakang 21 inci.

Demi menunjang aerodinamika motor, beberapa bagian body dibuat manual (handmade) termasuk proses pengecatan yang keseluruhannya mengacu pada mobil tim Ferrari F1.

Tertarik? Ternyata motor yang kabarnya pernah mejeng dibeberapa majalah motor ternama dunia ini dijual dalam situs lelang eBay seharga Rp391 juta.

Sebelumnya, ulah Allen Millyard. Seakan tak puas dengan tenaga mesin motornya, pria Inggris ini menjejalkan satu set mesin mobil Dodge Viper ke dalam kuda besinya.

Millyard membangun satu motor besar yang menggunakan engine 8.0 Liter V10 Dodge Viper. Sesuai namanya, dia menamakan motor ini Millyard Viper V10.

Seperti dilansir Topspeed sebagaimana dikutip dari Motorcyclenews, Rabu (26/8/2009), memang belum ada data resmi perihal tenaga motor ini. Namun pastinya motor ini akan snagat "berotot".

"Tapi kami tidak serta merta menyebutnya 'muscle bike'," tulis situs tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, mesin 8.0 Liter V10 digunakan pada Dodge Viper generasi kedua yang diproduksi antara 1996 hingga 2002. Dengan mesin ini mobil dua pintu tersebut memiliki semburan tenaga sebesar 450 bhp (336 kW).

Untuk berakselerasi 0-100 km/jam, hanya dibutuhkan waktu 8 detik saja, dengan top speed yang mencapai 310 km/jam. (okz) Dikutip oleh
www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Safari Collection